Berita KABerita Lain-LainInternasionalKereta ApiUjicoba

Kereta Vande Bharat Lalui Uji Coba Intensif Sebelum Peresmian

Ilustrasi: Vande Bharat, kereta terbaru milik Indian Railways. | Foto: Radhika41, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

REDigest.web.id, 19/4 – Pada hari Senin (17/4), Kereta rel listrik terbaru milik Indian Railways, Vande Bharat telah menyelesaikan uji coba pertamanya dari Thiruvananthapuram hingga Kannur dengan waktu 7 jam 10 menit.

Hari kemarin (19/4), kereta yang sama sedang melakukan uji cobanya yang kedua dengan rute yang lebih panjang, yakni lintas Thiruvananthapuram-Kasagarod. Uji coba ini merupakan langkah persiapan sebelum peresmian oleh Perdana Menteri India, Narendra Modhi pada 25 April 2023 di Kerala, India.

Kedua uji coba tersebut nantinya akan digunakan oleh pihak terkait sebagai bahan banding pelayanan.  Bidang yang dibandingkan yakni konsistensi waktu tempuh serta lama perjalanan. Melansir dari situs onmanorama.com, uji coba kedua telah terbukti lebih cepat dengan waktu tempuh 3 jam 12 menit di petak Thiruvananthapuram-Ernakulam. Uji coba kedua ini menempuh perjalanan 6 menit lebih cepat dibanding uji coba pertama.

Ashwini Vaishnav, selaku Menteri Perkeretaapian India mengadakan jumpa pers pada hari Selasa (18/4). Ia mengumumkan untuk memperpanjang rute uji coba kedua Vande Bharat hingga Kasagarod. Ia juga menambahkan bahwa jalur sepanjang Kerala akan diperkuat untuk kereta berkecepatan 110 km per jam.Dan pada fase kedua, jalur yang sama akan diperkuat kembali untuk memfasilitasi kereta berkecepatan 130 km per jam. Lama proyek tersebut diprediksi akan memakan satu setengah tahun. Semua ini merupakan bagian dari mandat Perdana Menteri Modhi untuk meningkatkan kualitas perkeretaapian di Kerala.

Sekilas tentang Kereta Vande Bharat Express

Ilustrasi: Sudut lain Vande Bharat Express | Foto: Harshul12345, CC BY-SA 4.0, via Wikimedia Commons

Vande Bharat merupakan kereta rel listrik semi cepat yang dimiliki dan dioperasikan oleh Indian Railways. Kereta ini diproduksi oleh Integral Coach Factory (ICF) India dengan dua rangkaian pertamanya selesai diproduksi pada Oktober 2018. Setiap rangkaian terdiri atas 16 kereta dengan 6 kereta dilengkapi dengan bogie bermotor. Saat ini ada tujuh versi kereta Vande Bharat, yakni VB1, VB2, MVB1, VB2M1, VB2M2, VB3, dan VB4. (RED/DS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Kereta Vande Bharat Lalui Uji Coba Intensif Sebelum Peresmian

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×