Berita KAIndonesiaKereta ApiKereta Cepat

Menhub Sebutkan Kriteria Yang Bisa Naik Kereta Cepat Secara Gratis

Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) saat menjalani uji coba di jalur raya | Foto: Septian Alfiansyah

REDigest.web.id, 29/06 – Kereta Cepat Jakarta-Bandung akan digratiskan selama 3 bulan masa uji coba terbuka mulai Agustus 2023 hingga Oktober 2023. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi telah mengumumkan kriteria penumpang yang dapat menikmati kereta cepat secara gratis.

Seperti dilansir dari Kumparan, Budi mengatakan nantinya bagi yang ingin mencoba kereta cepat secara gratis dapat mendaftar secara online mulai awal Agustus 2023. Budi mengatakan mereka yang mendapat prioritas mencoba kereta cepat dengan gratis adalah masyarakat yang tinggal di sekitar stasiun kereta cepat seperti Halim, Karawang, Padalarang, dan Tegalluar.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan kriteria penumpang gratis dalam uji coba terbuka kereta cepat saat ini masih dibahas bersama instansi terkait seperti KCIC sendiri, Kemenkomarves, Kementerian BUMN, dan Kemenhub. Selain masyarakat sekitar stasiun, Adita juga menyebut ada kelompok masyarakat lainnya yang dapat mencoba kereta cepat secara gratis.

Mereka yang bisa merasakan adalah yang bisa membantu sosialisasi layanan kereta cepat seperti media, influencer, pengamat, dan komunitas termasuk pecinta kereta api. Sebelumnya Menteri BUMN Erick Thohir memastikan tarif kereta cepat akan digratiskan selama 3 bulan masa uji coba terbuka.

Hal tersebut didasarkan pada keputusan Presiden Joko Widodo. Tarif gratis kereta cepat selama masa uji coba terbuka juga sempat disinggung Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui tweet di akun Twitter pribadinya pada Jumat (23/6) lalu.(RED/BTS)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×