Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

Impor KRL Baru, Negara apakah yang KAI Commuter Pilih?

Ilustrasi: KRL seri E235. KRL ini merupakan salah satu jenis KRL yang memang sedang dalam proses produksi oleh J-TREC untuk kebutuhan armada Jalur Yokosuka. | Foto: Twitter @lu2sh

REDigest.web.id, 9/11 – Lama tak terdengar kabarnya, kabar pengadaan KRL impor baru pengganti impor bekas menampakkan sedikit kemajuan. Pasalnya pihak KAI Commuter kembali buka suara ke media terkait pilihan negara mereka.

Melansir dari Detik Finance, pihak KAI Commuter membuka harapan rangkaian KRL baru ini akan dapat beroperasi pada 2024-2025 mendatang. Sayangnya, saat ini KAI Commuter masih merahasiakan asal negara KRL baru tersebut, begitu juga dengan detail spesifikasinya. Pihak KAI Commuter hanya menerangkan kalau KRL tersebut nantinya akan ada 3 rangkaian yang masing-masing rangkaian terdiri dari 12 kereta.

Hal ini bertolak belakang dari pernyataan yang KAI Commuter lontarkan pada September silam. Melansir dari CNN Indonesia, kala itu Vice President Corporate Secretary KAI Commuter Anne menerangkan pihaknya akan mengimpor KRL baru dari Jepang sebanyak 3 rangkaian 12 kereta. Akan tetapi, kala itu KAI Commuter pun juga masih belum membocorkan akan dari pabrik apa impor KRL tersebut.

Anne sendiri menambahkan pihaknya saat ini sedang tidak menyebutkan negara asal dan spesifikasinya karena masih proses lelang. Sedangkan dana yang KAI Commuter saat ini butuhkan adalah sekitar 3,6-3,8 triliun Rupiah. KAI Commuter sendiri sudah mendapatkan dana 800 juta Rupiah dari KAI. Sedangkan untuk proses retrofit sendiri butuh dana 2,2 triliun Rupiah. (RED/IHF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

One thought on “Impor KRL Baru, Negara apakah yang KAI Commuter Pilih?

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×