Gempa di Fukushima, JR East Hentikan Layanan Sejumlah Shinkansen

Tiang listrik aliran atas di Jalur Tohoku Shinkansen dekat Fukushima yang rubuh akibat gempa | Foto: Japanese Trains

[14/2] Gempa dengan magnitudo 7,1 skala richter yang mengguncang pesisir Fukushima membuat JR East terpaksa menghentikan layanan sejumlah Shinkansen yang beroperasi di daerah Fukushima.

Seperti dilansir dari laman Facebook Japanese Trains, layanan Shinkansen yang dihentikan di antaranya adalah Tohoku-Hokkaido Shinkansen, Yamagata Shinkansen, dan Akita Shinkansen.

Layanan Tohoku-Hokkaido Shinkansen pada awalnya akan dihentikan selama 2 hari penuh yakni pada tanggal 14 dan 15 Februari di segmen antara Nasushiobara dan Morioka. Layanan Shinkansen antara Tokyo-Nasushiobara tetap beroperasi dengan jadwal sementara. Akan tetapi dilansir dari NHK, setelah inspeksi diperkirakan penghentian operasional ini akan berlangsung setidaknya 10 hari.

Sementara Yamagata Shinkansen dihentikan operasionalnya selama satu hari yakni pada 14 Februari. Sedangkan layanan Akita Shinkansen dihentikan selama dua hari, yakni tanggal 14 dan 15 Februari. Rencana operasional berikutnya akan kembali diumumkan pada 16 Februari mendatang.

Kerusakan infrastruktur juga dilaporkan terjadi di beberapa tempat. Seperti di Jalur Tohoku Shinkansen dekat Fukushima, sejumlah tiang listrik aliran atas rubuh setelah diguncang gempa. Kerusakan struktural seperti retakan pada pilar juga ditemukan di beberapa titik.

Tiang listrik aliran atas yang patah dan rubuh akibat gempa | Japanese Trains

Seperti dilansir dari Kompas.com, gempa bermagnitudo 7,1 skala richter mengguncang Fukushima pada Sabtu (13/2) malam. Gempa berpusat di lepas pantai Fukushima dengan kedalaman 60 kilometer pada pukul 23.08 waktu setempat.

Guncangan gempa terasa bahkan hingga Kota Tokyo. Gempa yang terjadi tidak berpotensi tsunami, namun otoritas terkait meminta warga untuk mengungsi ke tempat tinggi untuk berjaga-jaga. (RED/BTS)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Gempa di Fukushima, JR East Hentikan Layanan Sejumlah Shinkansen

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: