Larangan Mudik Lebaran, Kementerian Perhubungan akan Batasi Layanan Kereta Api

Ilustrasi kereta api
Ilustrasi kereta api | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

[9/4] Setelah sebelumnya pemerintah resmi mengeluarkan larangan mudik Lebaran pada 6-17 Mei mendatang, kini operasional KA juga mulai diatur Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dilansir dari Kontan, Kemenhub telah berencana untuk mengurangi layanan KA yang beroperasi. Berdasarkan keterangan Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, nantinya hanya akan ada kereta luar biasa yang beroperasi.

Budi mengklaim rencana ini dilakukan untuk mengurangi suplai layanan KA. Meski demikian, pihaknya akan memfasilitasi mereka yang dikecualikan dalam larangan mudik kali ini.

Di tengah rencana pembatasan ini, Kemenhub masih akan mengizinkan sejumlah KA untuk beroperasi selama 6-17 Mei. Dilansir dari Detik, berdasarkan keterangan Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Kereta Api Danto Restyawan KA perkotaan di sejumlah wilayah masih diizinkan beroperasi.

Wilayah tersebut adalah Jabodetabek (termasuk Rangkasbitung dan Cikarang), Bandung Raya (Padalarang, Bandung, Cicalengka), Kutoarjo, Yogyakarta, Solo, serta wilayah aglomerasi Surabaya (Lamongan, Surabaya, Sidoarjo, Bangil, Pasuruan, Mojokerto, Gresik).

Di luar wilayah aglomerasi ataupun perkotaan di atas layanan KA perkotaan akan ditutup selama periode 6-17 Mei. Sedangkan KA perkotaan yang masih diizinkan beroperasi pun akan dibatasi jam dan jumlah perjalanan yang beroprasi.

Hingga saat ini pihak KAI maupun KAI Commuter belum berkomentar akan rencana pembatasan ini. Pembaca dapat terus mengikuti media sosial KAI ataupun KAI Commuter untuk mendapatkan informasi terbaru operasional KA. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

×
%d blogger menyukai ini: