Beginilah Kontribusi MRT Jakarta dalam Penanganan Pandemi COVID-19

MRT Jakarta penanganan pandemi
Penggalangan dana untuk tabung oksigen via WeCare.id, salah satu langkah penanganan pandemi oleh MRT Jakarta | Foto: MRT Jakarta

[31/7] Sebagai perusahaan transportasi, MRT Jakarta juga berperan dalam upaya penanganan pandemi COVID-19 dalam gerakan bertajuk “Sinergi untuk Jakarta”. Salah satu langkah penanganan pandemi oleh MRT Jakarta adalah dengan membuka layanan vaksinasi bagi masyarakat luas.

Tetapi peranan MRT Jakarta ternyata tidak terbatas sampai di sini saja. Berdasarkan Forum Diskusi Jurnalis MRT Jakarta bulan Juli 2021, selain vaksinasi, MRT melakukan sejumlah langkah lain dalam penanganan pandemi. Di antaranya adalah pemberian tabung oksigen gratis, pemberian tanah untuk TPU Rorotan, penyediaan tempat isolasi mandiri, dan bantuan lainnya.

Dalam pemberian tabung oksigen gratis, MRT Jakarta bekerja sama dengan mitra MRT Jakarta Program ACCEL 2021, WeCare.id. MRT Jakarta membuka penggalangan dana melalui platform WeCare.id dari 24 Juli hingga 24 September mendatang.

Dana yang dikumpulkan ini akan dimanfaatkan untuk bantuan tenaga kesehatan (nakes) dan pembelian 70 tabung oksigen. Tabung oksigen ini pun akan disebar ke sejumlah rumah sakit yaitu RSUD Cipayung, RSUD Kebayoran Lama, RSUD Matraman, RSUD Budi Kemuliaan, dan RSUD Sawah Besar.

Sementara dalam pemberian tanah untuk TPU Rorotan, MRT Jakarta bekerja sama dengan perusahaan dan instansi lain telah melakukan sejumlah langkah. Salah satunya adalah pembuangan tanah dari proyek CP201 (pembangunan Stasiun Thamrin) untuk mendukung pematangan lahan makam sejak September 2020, dengan total volume tanah 85.174 m3 .

Selain itu, MRT Jakarta juga berperan dalam pembuatan jalan akses pembuangan tanah sepanjang 300 meter dibantu Shimizu-Adhi Karya Joint Venture (SAJV), pagar proyek pembatas makam sepanjang 675 meter dibantu Sumitomo Mitsui Construction Company – Hutama Karya (SMCC HK), dan menyediakan alat berat, operator, dan bensin dengan bantuan Jakkon dan Jakpro.

MRT Jakarta juga bermitra dengan beberapa hotel dan mitra MRTJ ACCEL 2021 pun menyediakan tempat isolasi mandiri. Di antaranya adalah OYO, Hotel Ibis Style, dan beberapa hotel lainnya. Selain itu, MRT Jakarta juga berencana menyediakan donor plasma konvalesen bersama PMI dengan rencana donor dan observasi yang diatur kemudian.

Terakhir, MRT Jakarta juga memberikan kebutuhan bantuan makanan untuk nakes pada sentra vaksinasi publik MRT Jakarta dari Bakmi GM dan Indomaret, voucher Gojek untuk peserta yang akan menuju sentra vaksinasi, dan layanan konsultasi psikologi dan konseling COVID-19 bagi masyarakat di aplikasi MRT Jakarta.

Dilansir dari rilis pers mereka, MRT Jakarta juga membuka kesempatan seluas-luasnya bagi pihak lain yang ingin ikut membantu melalui program “Sinergi untuk Jakarta”. Khususnya bagi program vaksinasi, pemberian tabung oksigen dan bantuan makanan di Jakarta. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Beginilah Kontribusi MRT Jakarta dalam Penanganan Pandemi COVID-19

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×