Berita KAIndonesiaKereta Api

KAI Perbarui Persyaratan KA Lokal, STRP Tidak Lagi Berlaku

KA Lokal KAI
Ilustrasi KA lokal yang dioperatori KAI, KA Lokal Bandung Raya | Foto: RED/Gilang Fadhli

REDigest.web.id, 13/9 – Setelah sebelumnya pada Rabu (8/9) lalu KAI Commuter mulai memberlakukan syarat sertifikat vaksin untuk KRL Commuter Line dan KA Prambanan Ekspres, kini KAI juga melakukan langkah yang sama. Perubahan persyaratan ini akan berlaku mulai Selasa (14/9) mendatang.

Dilansir dari Twitter KAI 121, perubahan persyaratan ini sesuai dengan adendum SE Satgas Penanganan Covid-19 No. 17/2021 dan SE Kemenhub No. 69/2021. Dalam perubahan persyaratan ini, pelaku perjalanan tidak lagi wajib untuk menunjukkan surat keterangan seperti STRP ataupun surat tugas.

Sebagai gantinya, pelaku perjalanan wajib untuk menggunakan aplikasi PeduliLindungi yang di dalamnya terdapat data vaksin minimal dosis pertama. Jika tidak menggunakan PeduliLindungi, maka pelaku perjalanan wajib untuk menunjukkan sertifikat vaksin tersebut.

Bagi yang memiliki kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid sehingga tidak dapat divaksinasi, wajib menunjukkan surat keterangan dari dokter atau rumah sakit pemerintah belum/tidak dapat divaksinasi COVID-19. Untuk usia pelaku perjalanan sendiri saat ini dibatasi hanya untuk anak 12 tahun ke atas.

Protokol kesehatan seperti suhu tubuh tidak di atas 37,3 derajat Celsius, larangan berbicara di dalam kereta, wajib mengenakan masker, ataupun larangan makan dan minum masih berlaku. Sedang untuk jadwal KA lokal di KAI Access, saat berita ini ditulis masih hanya tersedia KA Lokal Bandung Raya dan KRD Komuter di wilayah Surabaya Raya. (RED/IHF)


Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×