Produksi LRT Jabodebek Buatan INKA Resmi Selesai

LRT Jabodebek ke-31
Rangkaian terakhir LRT Jabodebek saat dilepas dari INKA | Foto: PT INKA

REDigest.web.id, 15/10 – Setelah dua tahun lebih rangkaian pertamanya telah tiba di Jakarta, akhirnya seluruh pesanan LRT Jabodebek ke INKA sebanyak 186 unit kereta atau 31 rangkaian resmi selesai.

Dilansir dari laman Facebook PT INKA, pelepasan rangkaian produksi ke-31 ini dilakukan oleh Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan secara daring dan Direktur Jenderal Kementerian Perhubungan RI, Zulfikri pada Jumat (14/10). Rangkaian ini dilepas setelah menempuh uji penerimaan pabrik (Factory Acceptance Test-FAT).

Rencananya pada Oktober ini juga seluruh kegiatan uji dinamis sarana LRT Jabodebek dapat selesai. Selanjutnya akan dilakukan uji komunikasi On Board Control Unit (OBCU) persinyalan dengan Train Control Management System (TCMS) yang ditargetkan selesai November 2021.

Lalu kemudian dilakukan uji Grade of Automation (GoA) 3 yang rencananya akan berlangsung pada Maret-Juni 2022. Jika tidak ada aral melintang, rencananya uji coba penuh akan berlangsung dari Juni-Agustus 2022, dengan target operasi 17 Agustus 2022.

Pengadaan LRT Jabodebek sendiri merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai 3,8 triliun Rupiah yang telah ditandatangani INKA pada 18 Januari 2018 silam. Rangkaian LRT Jabodebek tersusun dari 6 kereta, di mana 4 kereta adalah kereta motor, dan 2 kereta adalah kereta pengikut. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

One thought on “Produksi LRT Jabodebek Buatan INKA Resmi Selesai

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: