Berita KAIndonesiaKereta ApiUjicoba

Rangkaian Kedua KRDE Pengumpan Kereta Cepat Diujicoba, Desainnya Berbeda

krde kedua pengumpan
Rangkaian KRDE K3 2 12 16-K3 2 12 20 sebagai rangkaian KRDE kedua pengumpan kereta cepat di area Balai Yasa Yogyakarta | Foto: Angin Elandajagat

REDigest.web.id, 25/2 – Rangkaian kedua KRDE pengumpan kereta cepat menjalani uji coba pertama di jalur utama. Uji coba ini berlangsung pada Kamis (24/2) siang dengan rute Lempuyangan-Kutoarjo, PP.

Rangkaian kedua ini memiliki nomor K3 2 12 16-K3 2 12 20. Walau menggunakan skema warna yang sama, rangkaian ini memiliki sejumlah perbedaan dengan rangkaian sebelumnya yaitu K3 2 12 06K3 2 12 10.

Perbedaan pada desain KRDE pengumpan kereta cepat rangkaian kedua

Berjalan di jalur utama | Foto: Joscha Alverano

Perbedaan paling jelas terdapat pada bagian kabin masinis. Desain kabin masinis rangkaian kedua KRDE pengumpan kereta cepat ini tampak lebih menjorok ke depan untuk lebih memberikan kesan aerodinamis. Namun bentuk kabin masinis ini lebih kaku dari bentuk kabin masinis rangkaian pertama.

Selain itu, lampu sorot tambahan menggunakan lampu bus Jetbus 3 produksi karoseri Adiputro. Pada rangkaian pertama, lampu sorot tambahan juga menggunakan lampu bus Jetbus. Namun lampu yang digunakan pada rangkaian pertama merupakan lampu bus Jetbus generasi pertama yang telah diproduksi terlebih dahulu oleh Adiputro.

Sayangnya, pemasangan lampu sorot tambahan pada rangkaian kedua ini tampak kurang rapih pada salah satu kabin. Tampak lampu pada sisi asisten masinis sedikit lebih turun dibanding dengan lampu pada sisi masinis.

Selain kabin masinis, perbedaan juga tampak pada kaca toilet. Sebelumnya, bagian toilet tetap menggunakan kaca asli KRL Holec yang diburamkan. Namun pada modifikasi ini, bagian toilet telah menggunakan kaca berukuran kecil.

Uji coba bertolak dari Lempuyangan ke Kutoarjo pada pukul 1 siang. Rangkaian kedua kembali lagi dari Kutoarjo ke Lempuyangan menjelang pukul 4 sore.

Menurut informasi yang beredar, rangkaian kedua ini akan kembali menjalani uji coba. Rute uji coba kedua ini lebih panjang, yaitu dari Lempuyangan-Prupuk PP. Uji coba kedua ini akan sekaligus mengukur performansi KRDE ketika melewati jalur pegunungan. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×