KRL Lin Yogyakarta sampai Palur sebelum Lebaran

lin yogyakarta palur
KRL KfW i9000 melayani Lin Yogyakarta memasuki Stasiun Lempuyangan. Di tahun ini, layanan KRL Lin Yogyakarta ditargetkan beroperasi sampai Stasiun Palur, 6 kilometer di timur Stasiun Solo Balapan. | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

REDigest.web.id, 2/3 – KRL Lin Yogyakarta telah beroperasi selama satu tahun sejak 10 Februari 2021. Presiden Joko Widodo meresmikan layanan KRL Lin Yogyakarta pada 1 Maret 2021. Pengembangan demi pengembangan terus berlanjut di Lin Yogyakarta. Salah satunya adalah perpanjangan rute layanan KRL Lin Yogyakarta dari Stasiun Solo Balapan ke Stasiun Palur sejauh 6,291 kilometer yang targetnya akan beroperasi sebelum lebaran.

“Jaringan listrik aliran atas sebenarnya sudah sampai di Stasiun Palur, tetapi masih ada beberapa infrastruktur yang harus disesuaikan untuk mendukung operasional kereta,” kata Direktur Utama KAI Commuter Roppiq Lutzfi Azhar dalam acara “Bincang Bersama Rekan Commuters” di Yogyakarta, Selasa (1/3).

Pekerjaan infrastruktur selesai April

Keadaan penumpang di dalam KRL Lin Yogyakarta pada siang hari di hari kerja | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Salah satu pekerjaan infrastruktur yang kini masih berlangsung adalah peninggian jembatan Jalan D.I. Panjaitan di Surakarta. Sebelumnya, tinggi jembatan ini terlalu rendah untuk pemasangan kabel listrik aliran atas (LAA) sehingga perlu penyesuaian ketinggian pada jembatan tersebut. Kementerian Perhubungan bertindak sebagai pelaksana pembangunan dan penyesuaian infrastruktur ini.

Selain peninggian jembatan, Kementerian Perhubungan juga melanjutkan pengembangan operasional KRL di Stasiun Solo Balapan. Saat ini, beberapa jalur di peron utara Stasiun Solo Balapan serta jalur segitiga yang menghubungkan Stasiun Solo Balapan dengan Stasiun Kadipiro dan Stasiun Solo Jebres telah terpasang tiang LAA. Di jalur 1 dan 2 Stasiun Solo Balapan pun mulai terpasang bracket untuk katenari rigid.

“Jika tidak ada kendala maka pekerjaan fisik tersebut dapat selesai pada April untuk selanjutnya KRL bisa dioperasionalkan sampai Palur. Nantinya, kereta juga akan berhenti di Stasiun Jebres,” kata Roppiq.

Pembukaan layanan KRL Lin Yogyakarta di Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur dapat mempermudah mobilitas masyarakat dan mengurangi beban Stasiun Solo Balapan. Selain itu, hal ini dapat juga mengurangi waktu tempuh yang diperlukan warga Karanganyar yang akan bepergian ke Solo. Sebagai perbandingan, bus Batik Solo Trans membutuhkan waktu 30 menit dari Palur ke Solo.

Pengembangan KRL Lin Yogyakarta ke arah barat

KRL KfW dan KRL seri 205 rangkaian SLO9 terparkir di Stasiun Klaten | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Selain ke arah timur, perpanjangan KRL Lin Yogyakarta juga akan berlanjut ke arah barat ke Stasiun Kutoarjo. Saat ini, KRD Prambanan Ekspres (Prameks) masih melayani komuter di ruas Yogyakarta-Kutoarjo. Selain itu, pembangunan depo KRL di Stasiun Solo Jebres dan balai yasa di sekitar Kutoarjo juga akan berlangsung untuk mendukung kebutuhan perawatan KRL.

Saat ini, perawatan KRL masih berlangsung di Stasiun Klaten di mana INKA masih bertanggungjawab untuk perawatan KRL KfW i9000. KAI Commuter sendiri bertanggungjawab dalam perawatan dua rangkaian KRL seri 205 susunan 4 kereta.

Sejak 1 Maret 2021, KRL Lin Yogyakarta telah mengangkut 2,2 juta penumpang. KAI Commuter akan mengupayakan integrasi antar moda untuk mendekatkan layanan KRL sebagai transportasi publik lewat integrasi antar moda. Misalnya lewat penggunaan kartu multi trip (KMT) untuk pembayaran moda transportasi lain yang terintegrasi. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “KRL Lin Yogyakarta sampai Palur sebelum Lebaran

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: