KAI Commuter Rilis Jadwal Lengkap Pola Operasi Baru, Simak Penjelasannya!

Ilustrasi: KRL Commuter Line Lin Sentral (akan menjadi Lin Bogor) di Stasiun Manggarai | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

REDigest.web.id, 25/5 – Setelah banyak pengguna menanti setelah KAI Commuter dan DJKA merilis informasi switch over (SO5) Stasiun Manggarai dan pola operasional baru, akhirnya KAI Commuter merilis jadwal lengkapnya di situs mereka. Jadwal terbaru KRL Commuter Line ini akan berlaku mulai 28 Mei besok, seiring dengan perubahan pola operasi.

Dalam pola operasi ini, nantinya akan ada perubahan besar pada dua lintas utama KRL Commuter Line, yakni Lin Sentral (berubah menjadi Lin Bogor) dan Lin Cikarang. Artikel ini akan menjelaskan perubahan jadwal dan pola operasi dari kedua lintas tersebut.

Daftar isi

Lin Bogor (Jakarta Kota-Bogor pp dan Jakarta Kota-Nambo pp)

KRL Jakarta Kota
Frekuensi KRL Commuter Line relasi Bogor-Jakarta Kota akan semakin banyak dengan perubahan pola operasional | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Lin Sentral yang selama ini kita kenal melayani relasi Bogor-Jakarta Kota pp akan berubah nama menjadi Lin Bogor, dengan relasi Bogor-Jakarta Kota pp dan Nambo-Jakarta Kota pp. Sedangkan Lin Lingkar yang selama ini melayani relasi Bogor-Angke pp, Nambo-Angke pp, dan Bogor-Kampung Bandan-Jatinegara pp akan berhenti beroperasi. Pengguna KRL dari Bogor menuju Sudirman, Tanah Abang, Duri, Angke, dan Kampung Bandan harus transit di Stasiun Manggarai, turun dari jalur 10 atau 11 ke jalur 6 atau 7.

KRL Lin Lingkar dari Jatinegara/Angke tujuan Bogor akan berhenti beroperasi mulai 28 Mei mendatang | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Rincian nomor perjalanan KA dari Lin Bogor mulai 28 Mei adalah sebagai berikut:

  • 4xxx: Bogor-Jakarta Kota pp
  • 45xx: Nambo-Jakarta Kota pp

Perubahan Jadwal Lin Bogor

KRL seri 205 rangkaian BUD24+25 melayani Lin Sentral, yang namanya akan berubah menjadi Lin Bogor pada 28 Mei 2022 mendatang | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Dengan pola operasi baru, frekuensi jadwal KRL Commuter Line yang melayani Bogor-Jakarta Kota menjadi semakin banyak. Jika sebelumnya KRL Bogor-Jakarta Kota rata-rata memiliki headway 10 menit di jam sibuk, kini headway-nya menjadi maksimal hanya 5 menit. Selain itu, di luar jam sibuk, headway KRL relasi Bogor-Jakarta Kota pp bisa mencapai 30 menit, kini maksimal hanya 15 menit.

Selain itu, kecepatan maksimum yang KAI Commuter klaim untuk lintas Manggarai-Jakarta Kota adalah 90 km/jam. Meski demikian, klaim ini masih membutuhkan pembuktian di lapangan setelah pola operasi baru ini. Sementara itu, kecepatan maksimum untuk lintas Manggarai-Bogor tetap 70 km/jam, dan untuk lintas Citayam-Nambo 60 km/jam.

KRL Lin Nambo
KRL Commuter Line Nambo akan sepenuhnya menjadi bertujuan Stasiun Jakarta Kota | Foto: RED/Ikko Haidar Farozy

Untuk perjalanan dari dan menuju Nambo sendiri masih memiliki total hanya 20 jadwal perjalanan. Jadwal ini terdiri dari 16 perjalanan relasi Nambo-Jakarta Kota pp dan 4 perjalanan relasi Nambo-Depok pp. Berikut jadwalnya:

Jadwal KRL Nambo-Jakarta Kota pp mulai 28 Mei | Sumber data: KAI Commuter

Sementara untuk jadwal perjalanan pertama dan terakhir pada Lin Bogor adalah sebagai berikut:

Jadwal KRL pertama (atas) dan terakhir (bawah) Lin Bogor mulai 28 Mei | Sumber data: KAI Commuter

Halaman selanjutnya: Lin Cikarang

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Pages ( 1 of 2 ): 1 2Berikutnya »

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: