Berita KAIndonesiaKereta Api

Lokomotif CC2018331 “Vintage Livery” Roadshow Lagi

vintage livery roadshow lagi
Lokomotif CC2018331 vintage livery menghela KA Singasari dari Pasar Senen menuju Blitar | Foto: Khesya Radya Irwanto

REDigest.web.id, 23/5Lokomotif CC2018331 vintage livery milik Depo Semarang Poncol kembali melakukan roadshow. Namun, roadshow kali ini sedikit lebih variatif dari roadshowroadshow sebelumnya.

Roadshow bermula dengan lokomotif CC2018331 menghela KA angkutan peti kemas Ronggo Cargo dari dryport Ronggowarsito di dekat Stasiun Semarang Tawang ke Stasiun Jakarta Gudang pada Rabu (18/5). Sebelumnya, lokomotif ini sudah beberapa kali menghela KA tersebut. Namun biasanya, lokomotif ini menghela KA Ronggo Cargo dari Jakarta tujuan Semarang.

Lokomotif ini tidak menghela KA Ronggo Cargo sendirian. Namun, lokomotif ini berjalan traksi ganda dengan posisi di belakang lokomotif CC2018320 milik Depo Purwokerto. Traksi ganda putih-oranye-biru dan krem-hijau yang sebelumnya hanya dapat disaksikan di Daop 4 Semarang pun menjadi dapat disaksikan di wilayah Daop lainnya.

Setelah menghela KA Ronggo Cargo, lokomotif CC2018331 kemudian langsung bertolak ke Surabaya pada malam yang sama dengan menghela KA Parcel Utara yang juga merupakan KA angkutan barang. Di hari berikutnya, lokomotif ini kembali lagi ke Jakarta via KA Airlangga. Lokomotif ini kemudian menghela KA Singasari dari Stasiun Pasar Senen menuju Stasiun Blitar pada Sabtu (21/5). Keesokan harinya, lokomotif ini kembali menghela KA Singasari menuju Jakarta.

Lebih banyak menghela KA angkutan barang

vintage livery roadshow lagi
Lokomotif CC2018320 dan CC2018331 menghela KA Ronggo Cargo | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin

Kemudian, lokomotif ini kembali menghela KA angkutan barang pada Senin (23/5). Kali ini, lokomotif CC2018331 vintage livery menghela KA Parcel Tengah dari Jakarta menuju Malang via Purwokerto. Banyaknya lokomotif ini menghela KA angkutan barang menjadi pembeda dari roadshow-roadshow sebelumnya yang biasanya didominasi dengan menghela KA penumpang.

Sementara itu, lokomotif vintage livery lainnya yaitu CC2018334 saat ini sedang bertugas hanya di wilayah Daop 4 Semarang saja. Menurut informasi, saat ini lokomotif tersebut sedang sering bertugas menghela KA Kaligung. KA Kaligung merupakan KA yang melayani rute Cirebon Prujakan-Tegal-Semarang Poncol, pulang-pergi.

Sebelumnya, lokomotif CC201 vintage livery kedua ini melakukan roadshow kecil-kecilan di bulan Maret 2022 lalu. Saat itu, lokomotif tersebut menghela KA Argo Muria tambahan sebagai lokomotif pengganti dari Stasiun Brebes ke Jakarta. Lokomotif ini langsung kembali ke Semarang dengan menghela KA Argo Sindoro Tambahan di hari berikutnya.

Galeri roadshow terbaru lokomotif CC2018331 vintage livery

vintage livery roadshow lagi
Lokomotif CC2018331 di Stasiun Tanah Abang. Pada cow catcher lokomotif tampak sudah mulai weathered. | Foto: Tri Bintang Setiawan
vintage livery roadshow lagi
Lokomotif CC2018320 dan CC2018331 dengan KA Ronggo Cargo di Stasiun Kampung Bandan | Foto: Deni Andriansyah
vintage livery roadshow lagi
Traksi ganda livery terkini dan vintage livery yang sebelumnya hanya ada di Daop 4 Semarang telah dapat disaksikan di wilayah lain | Foto: Deni Andriansyah
Roadshow lokomotif vintage livery selalu memberikan dampak positif. Namun dalam foto ini, terdapat dua pecinta kereta api yang tidak dapat menjaga jarak aman dengan tepi peron. Jangan ditiru ya pembaca sekalian! | Foto: Deni Andriansyah
Lokomotif CC2018331 vintage livery menghela KA Dharmawangsa | Foto: Khesya Radya Irwanto
Dengan petugas pelayan langsir memandu, lokomotif CC2018331 melangsir rangkaian KA Singasari keluar dari jalur stabling Stasiun Tanah Abang | Foto: Khesya Radya Irwanto
Rangkaian KA Singasari berangkat dari Stasiun Tanah Abang | Foto: Khesya Radya Irwanto
Rangkaian KA Singasari melintasi Stasiun Kampung Bandan menuju Stasiun Pasar Senen | Foto: RED/Gilang Fadhli Dharana
Lokomotif CC2018331 menghela KA Singasari melintas langsung Stasiun Gang Sentiong | Foto: RED/Muhammad Pascal Fajrin


Video oleh Regina Dwi Aryani. (RED/MPF)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×