KAI Operasikan Lagi Lokomotif dan Rangkaian KA Tematik HUT RI

lokomotif tematik hut ri
Lokomotif CC2061382 milik Depo Bandung menghela KA Argo Parahyangan tujuan Bandung | Foto: Zacky Fahd Mustafa

REDigest.web.id, 3/8 – Jelang perayaan HUT ke-77 RI, PT Kereta Api Indonesia (KAI, Persero) kembali menghadirkan lokomotif dan rangkaian KA tematik HUT RI. Sebelumnya di tahun 2021 lalu, KAI juga telah menghadirkan wrapping tematik serupa saat perayaan HUT ke-76 RI.

Saat tulisan ini terbit, baru satu lokomotif yang menggunakan wrapping tematik HUT ke-77 RI. Lokomotif tersebut adalah lokomotif CC2061382 milik Depo Bandung. Di tahun 2021 lalu, CC2061382 juga telah menggunakan wrapping tematik HUT ke-76 RI.

Menurut informasi yang beredar di kalangan pecinta kereta api, nantinya akan ada enam rangkaian kereta yang menggunakan wrapping tematik HUT ke-77 RI. Keenam rangkaian kereta tersebut adalah satu rangkaian KA Argo Bromo Anggrek, satu rangkaian KA Argo Wilis, dua rangkaian KA Argo Parahyangan, satu rangkaian KA Bima, dan satu rangkaian KA Taksaka.

Desain wrapping lokomotif dan rangkaian KA tematik HUT RI mirip dengan tahun lalu

Tampak lebih dekat lokomotif CC2061382, terlihat pemasangan wrapping yang kurang baik di dekat soket kabel multiple unit | Foto: Zacky Fahd Mustafa

Desain wrapping tematik HUT ke-77 RI tidak berbeda jauh dengan desain di tahun sebelumnya. Masih menggunakan warna merah darah, tagar #KAIUntukIndonesia juga masih tersemat di bawah logo KAI pada muka lokomotif.

Namun kali ini tepat di bawah logo KAI pada muka lokomotif terdapat tulisan “Dirgahayu Republik Indonesia”. Selain itu terdapat tambahan motif tangan menggenggam bendera merah putih pada pojok kanan muka lokomotif. Pada bagian samping, logo dan slogan HUT ke-77 RI serta logo presidensi G20 Indonesia tersemat di atas motif peta Indonesia.

Di tahun sebelumnya, terdapat lima lokomotif dan empat rangkaian KA yang menggunakan wrapping tematik HUT RI. Selain CC2061382, empat lokomotif lainnya adalah CC2017723 dan CC2061381 milik Depo Bandung, serta CC2061501 dan CC2061502 milik Depo Cipinang.

Namun, wrapping HUT RI pada lokomotif CC2017723 tidak terdapat logo maupun slogan HUT ke-76 RI sehingga dapat terus menggunakannya hingga HUT RI lainnya. Menurut informasi, lokomotif tersebut bahkan hingga kini masih menggunakan wrapping yang sama dan belum menanggalkannya sama sekali. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: