Menikmati Makanan Sambil Melihat Kereta Dekat Jembatan Sungai Progo

Kuliner Jogja
Spot hunting legendaris para penggemar kereta di wilayah Yogyakarta dengan latar jembatan Mbeling, dan saat ini terdapat angkringan sebagai tempat yang pas untuk nongkrong. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 1/10 – Bagi kalangan penggemar kereta di wilayah Yogyakarta mungkin tidak asing dengan tempat ini, karena tempat ini merupakan salah satu spot hunting penggemar kereta yang memiliki latar tempat yang bagus dan sudah terkenal sejak bertahun-tahun sebelumnya. Ialah spot tikungan Progo yang terletak di antara Stasiun Sentolo dengan Stasiun Rewulu.

Gajahwong di Kulon Progo
Spot ini sudah dikenal oleh penggemar kereta sejak dulu, tampak kereta api Gajahwong (di tahun 2015) melintas dari arah barat….. | Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama
Kereta Gajahwong dan jembatan Kulon Progo
…..dan berjalan menuju timur melewati Jembatan Mbeling, di bawah jembatan mengalir sungai Progo dengan muara di Samudra Hindia.| Foto: RED/Tubagus Gemilang Pratama

Di sisi barat merupakan tikungan yang langsung tertutup oleh pepohonan sekitar jalur kereta. Sedangkan di sisi timurnya merupakan Jembatan Mbeling yang di bawahnya terdapat sungai Progo sekaligus menjadi perbatasan antara kabupaten Bantul dan kabupaten Kulon Progo. Di tengah lokasi spot merupakan perlintasan kecil tanpa palang yang menghubungkan dusun Bantar Wetan.

Kilas Balik

Dahulu spot ini merupakan tempat kosong berupa jalan setapak dan beberapa pepohonan. Namun pada bulan Agustus kemarin terdapat lomba merias DPR (Di Pinggir Rel) di desa Bantar Wetan sehingga spot ini digunakan untuk tempat rias.

Kuliner makanan Jogja
Sebelum menjadi angkringan, tempat ini berupa jalan setapak kosong | Foto: Google Maps

Setelah lomba pernak-pernik tempat ini sempat dibiarkan saja. Namun salah satu warga memiliki rasa empati untuk menjadikan pernak-pernik tersebut sebagai tempat tongkrongan dan angkringan bagi masyarakat sekitar. Sekarang tempat ini pun mendapat nama Angkringan Nggir Rel.

Saat Ini

Di Angkringan Nggir Rel terdapat kursi dan meja yang menghadap ke sisi rel kereta. Di depan meja terdapat pagar yang terbuat dari roda motor bekas yang memiliki peran sebagai pembatas antara tempat angkringan dengan jalur kereta. Selain duduk di kursi, pengunjung dapat lesehan di tikar-tikar yang telah disediakan.

Makanan angkringan Jogja
Berbagai makanan di Angkringan Nggir Rel | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Untuk makanan, terdapat beragam pilihan jajanan seperti gorengan, kepala ayam, nasi kucing, mie ayam, kacang, dan lain sebagainya dengan harga mulai dari Rp500-8.000 serta minuman dari Rp1.500-2.000. Berikut list harga dari Angkringan Nggir Rel:

Makanan angkringan
Daftar makanan di Angkringan Nggir Rel. | Foto: olahan dari tim REDaksi

Karena letak Angkringan Nggir Rel merupakan spot hunting kereta yang menjelma menjadi tempat tongkrongan masyarakat, pengunjung dapat menikmati sensasi makan sambil melihat kereta api yang melintas di kawasan ini.

Angkringan makanan Jogja
Pengunjung mengabadikan kereta api yang akan lewat. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra
Kereta bandara YIA di Kulon Progo
Kereta bandara YIA melintas di lokasi angkringan menuju Yogyakarta. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Angkringan buka dari pukul 14.00 hingga 19.00 sehingga pengunjung dapat melihat kereta api yang lewat silih berganti seperti Argo Dwipangga, Taksaka, Bengawan, Fajar Utama Yogyakarta, Progo, Logawa, Gaya Baru Malam Selatan, Pasundan, Joglosemarkerto, Prambanan Ekspres, Bandara YIA, dan masih banyak lagi. Tertarik untuk mencoba? (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: