BusBus Rapid TransitKAI CommuterKereta Api

Batik Solo Trans: Okupansi, Integrasi KRL, Hingga Tarif Khusus

Batik Solo Trans
Ilustrasi: bus Batik Solo Trans dan KRL Commuter Line. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

REDigest.web.id, 29/5 – Batik Solo Trans, merupakan bus komuter perkotaan dengan sistem Buy The Service yang beroperasi di sekitar kota Solo, dan Batik Solo Trans membawa angin segar pada perkembangan transportasi umum di Indonesia. Mengutip dari Solopos bus Batik Solo Trans menjadi transportasi umum yang diminati paling tinggi di antara transportasi sejenis di kota lain di Indonesia.

Dalam keterangan oleh Kasubdit Angkutan Perkotaan Direktorat Angkutan Jalan Kementerian Perhubungan Tonny Agus Setiono, pada tahun 2022 sebanyak 77% pengguna sepeda motor beralih ke Batik Solo Trans. Persentase tersebut merupakan tertinggi di angka nasional yang rata-rata hanya 62%.

Teman Bus Solo
Suasana di dalam bus Batik Solo Trans. Di waktu tertentu bus Batik Solo Trans ramai oleh pengguna dari kalangan pelajar hingga pekerja kantor. | Foto: RED/Enrico Perdana Putra

Selain itu Batik Solo Trans rencananya akan terintegrasi dengan KRL Commuter Line Yogyakarta-Solo. Hal ini sedang dikembangkan oleh KAI Commuter yang kerja sama dengan pemerintah provinsi Jawa Tengah dan pemerintah kota Solo.

Integrasi tersebut ialah transaksi pembayaran Kartu Multi Trip KRL Commuter Line yang bisa digunakan untuk transaksi menggunakan bus Batik Solo Trans. Sistem ini sebelumnya telah direalisasikan di kota Yogyakarta antara KAI Commuter dengan Trans Jogja.

KMT integrasi Trans Jogja KRL Joglo
Contoh kartu multi trip (KMT) KRL Commuter Line yang dapat dipergunakan pada bus Trans Jogja, dan kota Solo dengan Batik Solo Trans segera menyusul langkah integrasi ini. | Foto: Indrayana

Masih dari Solopos Batik Solo Trans akan memberlakukan tarif khusus pada golongan tertentu. Saat ini tarif yang dikenakan bagi pengguna umum sebesar Rp3.700, namun mulai 1 Juli 2023 bagi pelajar, lansia, dan pengguna difabel mendapat tarif yang berbeda. Di mana pelajar dan lansia dikenakan Rp2.000, sedangkan difabel gratis tanpa dipungut biaya.

Tarif Khusus tersebut menurut Kepala Dinas Perhubungan Kota Solo Taufiq Muhammad merupakan program penataan transportasi umum baik di feeder atau bus Batik Solo Trans. Tambahnya, pelajar dan lansia mendapat fasilitas spesial yaitu dapat transit berpindah bus atau feeder per dua jam tanpa kena charge lagi meski tetap melakukan tap in di dalam bus.

Bagi pengguna yang masuk dalam kategori “tarif khusus” ini dapat mengakses link berikut ini lalu membuat akun pengguna dan kata sandi, nantinya pengguna mendapatkan notifikasi akun dari email dan pengguna memasukan profil data, nomor kartu uang elektronik, dan verifikasi data. (RED/EPP)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Donasi yang Anda berikan sangat membantu kami untuk terus beroperasi dan meningkatkan kualitas informasi yang kami sajikan. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer di bawah ini

donasi Trakteer

2 komentar pada “Batik Solo Trans: Okupansi, Integrasi KRL, Hingga Tarif Khusus

  • hoaks fakta gak bisa kartu krl tap teman bus

    Balas
  • ogan

    ngawur

    Balas

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×