Gunakan “Vintage Livery”, Lokomotif CC2018331 Keluar Balai Yasa Yogyakarta
[23/2] Lokomotif CC2018331 milik Depo Semarang Poncol keluar dari Balai Yasa Yogyakarta untuk uji coba setelah menjalani perawatan 72 bulanan (P72). Namun, lokomotif ini tampil berbeda dari lokomotif lainnya. Lokomotif CC2018331 menjadi lokomotif CC201 pertama yang menggunakan vintage livery.
Lokomotif dengan nomor lama CC20169 ini kembali menggunakan livery krem-hijau yang digunakan pada masa Djawatan Kereta Api (DKA) hingga Perusahaan Jawatan Kereta Api (PJKA) antara tahun 1953-1992. Tentunya lokomotif dengan nomor seri pabrik 44127 yang dibuat pada Maret 1983 ini mengawali karir dengan menggunakan livery krem-hijau.
Penggunaan livery ini sekaligus menandakan kembalinya livery krem-hijau di operasional jalur utama setelah bertahun-tahun. Sebelumnya, livery krem-hijau kebanyakan hanya digunakan pada lokomotif-lokomotif tua milik PT Kereta Api Indonesia (KAI, persero) yang hanya digunakan untuk operasional jarak pendek atau langsir. Ini merupakan kali pertama livery krem-hijau kembali diterapkan sebagai vintage livery pada lokomotif yang digunakan untuk operasional jarak jauh di jalur utama.
Dari informasi yang Tim REDaksi kumpulkan, penggunaan vintage livery krem-hijau pada lokomotif CC201 merupakan usulan dari dua komunitas pecinta kereta api kepada KAI. Kedua komunitas tersebut adalah Semboyan Satoe Community (SSC) dan Indonesian Railway Preservation Society (IRPS). Komunitas yang disebutkan kedua merupakan komunitas yang sudah lama malang-melintang di bidang preservasi kereta api. Beberapa di antaranya seperti preservasi lokomotif CC200 dan preservasi lokomotif ESS 3200 “Bon-bon”.
Lokomotif ini diujicobakan dengan berjalan traksi ganda dengan KA 284 Kahuripan relasi Kiaracondong-Blitar dari Stasiun Lempuyangan ke Stasiun Purwosari. Dari Lempuyangan, lokomotif ini memimpin rangkaian KA Kahuripan dengan berjalan ujung panjang (long hood) menuju Purwosari.
Walau satu lokomotif sudah menggunakan vintage livery, namun belum diketahui jumlah total lokomotif yang akan menggunakan livery tersebut. Belum diketahui juga apakah livery ini juga akan diterapkan ke lokomotif selain CC201 atau juga akan diterapkan pada lokomotif di Pulau Sumatera. (RED/MPF)
apakah CC206 & CC205 juga dicat livery vintage PJKA min?
Pingback: Lokomotif CC2018331 "Vintage Livery" Diresmikan
Pingback: Penerapan “Vintage Livery” pada Lokomotif Modern di Seantero Dunia
Pingback: Bertambah, Lokomotif CC2020807 Juga Gunakan "Vintage Livery"
Pingback: Lokomotif Livery Vintage Tandangi Daop 8 Surabaya
Pingback: Lokomotif Vintage Livery akan Sambangi Malang
Pingback: Ini Dampak Positif Keberadaan Lokomotif Vintage Livery Terhadap Masyarakat Umum - Railway Enthusiast Digest
Pingback: Lokomotif CC2018334 "Vintage Livery" Kembali Beroperasi
Pingback: KAI dan Pecinta Kereta Api Rayakan Satu Tahun Lokomotif "Vintage Livery"
Pingback: [GALERI] Setahun Bersama Lokomotif CC201 "Vintage Livery"
Pingback: Lokomotif CC2018331 "Vintage Livery" Roadshow Lagi - Railway Enthusiast Digest