Lokomotif DF4B Jalani Uji Coba di Depo Tegalluar

df4b uji coba
Lokomotif DF4B nomor DF4B-1295 saat uji coba di Depo Tegalluar | Foto: Firman Nurdiansyah (@defeelman)

REDigest.web.id, 2/2 – Lokomotif DF4B eks China Railway nomor DF4B-1295 akhirnya telah tersusun lengkap dengan bogie dan tangki bahan bakarnya. Lokomotif DF4B ini pun menjalani uji coba di Depo Kereta Cepat Tegalluar hari ini (2/2).

Dalam uji coba ini, lokomotif DF4B-1295 bergerak maju dan mundur di jalur yang telah selesai di Depo Tegalluar. Selain mengujicobakan performansi lokomotif, lokomotif ini sekaligus juga mengujicobakan jalur dan wesel di Depo Tegalluar.

Sisi lain lokomotif DF4B-1295, masih tanpa logo PowerChina | Foto: Firman Nurdiansyah (@defeelman)

Tampak perbedaan pada lokomotif DF4B-1295 pada saat uji coba ini. Pada bagian muka lokomotif, garis kuning melengkung dan logo China Railway tampak telah hilang. Sedangkan pada sisi lokomotif, kini terdapat tulisan dengan bahasa Mandarin bertuliskan “中国电建市政集团” yang berarti “China Power Construction Municipal Group”, perusahaan yang lebih terkenal dengan nama PowerChina. Pada salah satu sisi muka lokomotif, logo dan nama PowerChina telah tersemat. Sementara pada sisi lainnya masih polos.

Lokomotif DF4B-1295 merupakan lokomotif DF4B pertama dari empat lokomotif DF4B yang tiba di Indonesia pada November 2021 lalu. Lokomotif dengan spesifikasi angkutan barang ini memiliki kecepatan maksimum 100 km/jam dengan keluaran tenaga 3.300 tenaga kuda. Tiga lokomotif lainnya yaitu DF4B-7552, DF4B-7553, dan DF4B-9129 saat ini masih berada di Pelabuhan Tanjung Priok menunggu jadwal pengiriman ke Depo Tegalluar.

Keempat lokomotif ini akan digunakan pada pengerjaan proyek kereta cepat Jakarta-Bandung. Lokomotif-lokomotif ini akan menghela gerbong-gerbong yang juga telah didatangkan dari Tiongkok untuk mengangkut logistik proyek. (RED/MPF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

Muhammad Pascal Fajrin

A kid from yesterday, today

One thought on “Lokomotif DF4B Jalani Uji Coba di Depo Tegalluar

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: