Berita KAIndonesiaKAI CommuterKereta Api

KRL Seri 205 Kembali Layani Penglaju Yogyakarta-Palur

Rangkaian 205-46F yang kini telah resmi berdinas di Daop 6 | Foto: Somasta Kharisma Jati

REDigest.web.id, 25/8 – Mungkin Anda bingung saat membaca judul artikel ini? Ya, benar, KAI Commuter belum lama ini mengirimkan rangkaian JR205 untuk berdinas di lintas Yogyakarta-Solo-Palur. Kehadiran JR205 ini memberi kesan tersendiri bagi penglaju Yogyakarta-Palur. Sebelumnya rangkaian JR205 sudah berpamitan pada bulan September tahun 2022 lalu setelah sempat berdinas melayani lintas tersebut.

Sang Pendahulu

Rangkaian yang sebelumnya ditugaskan di DAOP 6 tersebut adalah rangkaian 205-9F dan selanjutnya disusul dengan rangkaian JR205-32F. Bukan hanya berdinas mengantar penumpang, kedua rangkaian JR205 tersebut berjasa pada lintas Daop 6. Hal ini karena kedua kereta tersebut terlibat dalam uji coba elektrifikasi DAOP 6 hingga akhirnya KRL resmi beroperasi melayani penumpang.

KRL Seri 205 Rangkaian SLO9 Jalani Uji Coba di Daop 6 Yogyakarta

Kembalinya KRL Seri 205 di Lintas Yogyakarta-Palur

Kali ini giliran rangkaian 205-5F (dahulu DP5) dan rangkaian 205-46F (dahulu DP46) yang berkesempatan menikmati rel besi Daop 6. Rangkaian 205-5F dikirim pada 30 Juli 2025, sedangkan rangkaian 205-46F menyusul pada 6 Agustus 2025. Tidak seperti pendahulunya yang sempat mengalami kendala saat pengiriman, kedua rangkaian tersebut tiba dengan selamat.

Rangkaian 205-5F dalam perjalanan 30 Juli 2025 | Foto: Hamdan Rafi R.
Rangkaian 205-46F dalam perjalanan 6 Agustus 2025 | Foto: Hamdan Rafi R.

Kelancaran pengiriman tersebut karena KAI Commuter melepas beberapa komponen yang berpotensi gasruk seperti pendingin dan cowcather. Setelah menjalani pemasangan kembali komponen tersebut, dilakukan uji coba dengan serangkaian pengetesan untuk memastikan sarana yang dikirim tersebut dapat beroperasi dengan baik.

Berdasarkan pantauan pembaca, rangkaian 205-46F pada tanggal 19 Agustus 2025 kemarin resmi beroperasi. Jika sebelumnya rangkaian KRL seri 205 yang berdinas di DAOP 6 tersusun atas 4 kereta dalam 1 rangkaian, kali ini satu rangkaian terdiri dari 8 kereta. Lalu terdapat hal unik pada rangkaian 205-46F karena pada kabin keretanya terdapat penambahan dudukan rantai.

Tampak komponen di atap dan cowcather dilepas | Foto: Hamdan Rafi R.

Di media sosial seperti tiktok, beberapa pengguna sempat berkomentar kehadiran JR205 memberi kesan “berangkat dan pulang kerja” terutama bagi pekerja Jabodetabek yang sedang berada di DAOP 6.

Namun kehadirannya tetap menarik bagi penumpang terlebih area kabin masinis yang memiliki kaca pada dindingnya. Melalui kaca tersebut, beberapa penumpang mengabadikan momen perjalanan ala cabin view yang tidak ada di rangkaian KRL i9000.

@krljogjasolo

KRL Trainset JR205 uda mulai beroperasi utk Line Jogja Palur nih, sudah nyobain? video by @dolankesolo

♬ suara asli – krljogjasolo – krljogjasolo

@muhyusufarifin

melewati jembatan kewek #yogyakarta #jr205 #cabride #fyp #yogyaline

♬ 晴れゆく空 – RADWIMPS

Sampai saat ini, belum ada informasi sampai kapan JR205 berdinas di DAOP 6. Namun tersiar kabar kehadiran duo rangkaian JR205 tersebut untuk membantu mengisi kebutuhan sarana DAOP 6 karena KRL i9000 menjalani perawatan rutin dua tahunan (P48).

Akankah kedua rangkaian tersebut akan mendapatkan livery batik seperti pendahulunya? Kita lihat saja nanti. (RED/ADR)

Ikuti kami di WhatsApp dan Google News


Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses