Progres Sudah 88,8%, Presiden Joko Widodo Tinjau Proyek KCJB

Rangkaian CIT milik KCJB di Stasiun Tegalluar | Foto: Sekretariat Presiden Republik Indonesia

REDigest.web.id, 13/10 – Presiden Joko Widodo, terkenal sebagai Jokowi meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di Stasiun Tegalluar pada Kamis (13/10) ini.

Dalam video oleh Sekretariat Presiden Republik Indonesia, tampak rangkaian Comprehensive Inspection Train yang terpajang di peron stasiun. Dari rangkaian ini, hanya satu kereta saja yang terpalnya dilepas untuk menampilkan mukanya, sedang kereta lainnya tertutup terpal. Selain itu, karena belum jadinya listrik aliran atas, saat kunjungan Presiden Jokowi rangkaian ini tampak ditarik oleh lokomotif DF4B.

Melansir dari akun Twitter resminya, Jokowi mengatakan progres proyek KCJB saat ini telah mencapai 88,8%. Ia menyebutkan kendala seperti pembangunan terowongan telah proyek ini lalui. Jika tidak ada aral melintang, ia menargetkan kereta cepat ini akan beroperasi pada Juni 2023 mendatang.

Rencana Uji Dinamis KCJB

Foto udara Stasiun KCJB Tegalluar | Foto: Sekretariat Presiden Republik Indonesia

Sedangkan melansir dari Tempo, Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. Agung Budi Waskito optimis KCJB akan beroperasi pada 2023 mendatang. Menurut Agung, operasional KCJB akan terbagi atas dua tahap. Tahap pertama adalah uji coba Tegalluar-Padalarang yang rencananya akan berlangsung November 2022 mendatang. Sedangkan tahap kedua adalah operasi komersial pada 2023 mendatang. Dalam pernyataan yang keluar September ini, Agung menargetkan operasional kereta ini pada Juli 2023 mendatang.

Uji coba ini juga rencananya akan dihadiri Jokowi dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok Xi Jinping pada gelaran G20 November mendatang. Melansir dari Merdeka, per Rabu (12/10) kemarin rel yang terpasang baru 17 km, sedangkan jarak dari Tegalluar ke Padalarang mencapai 30 km. Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berharap pemasangan rel ini bisa dipercepat.

Meski memang ada rencana, hingga saat ini belum ada kepastian apakah Xi Jinping akan ikut hadir dalam uji coba November mendatang. (RED/IHF)

—————–

Terima kasih sudah mempercayakan kami sebagai referensi berita perkeretaapian Anda. Dengan misi sebagai media perkeretaapian yang independen dan faktual, RE Digest hingga saat ini beroperasi dengan biaya pribadi dari masing-masing Tim REDaksi.

Oleh karena itu, kami meminta sedikit bantuan: hanya dengan Rp 5000 tiap bulannya, Anda sudah membantu kami untuk tetap beroperasi dan menjadi lebih baik. Sampaikan dukungan dan donasi Anda melalui link Trakteer kami di bawah ini.

donasi Trakteer

3 komentar pada “Progres Sudah 88,8%, Presiden Joko Widodo Tinjau Proyek KCJB

Tinggalkan komentar...

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

×
%d blogger menyukai ini: